Monday, September 12, 2011

Membangun Bank Komunitas Untuk Pembiayaan Unit Usaha Komunitas

Petugas Grameen Bank dan Nasabah (Bank Owner)
Aksi dari Metoda Grameen Bank (Bank Komunits di Bangladesh), dapat di ilustrasikan sebagai berikut:

1. Mulailah dengan menelaah permasalahan, dengan mengupayakan pencarian solusi: suatu sistem kredit mesti berbasis dari penelitian latar belakang sosial, lebih dari pada teknik-teknik pendirian suatu bank. Lihatlah permasalahan dan kebutuhan yang ada.

2. Mengadopsi sikap progresif (terus menerus): pembangunan adalah proses jangka panjang yang tergantung pada aspirasi dan komitmen dari pengelola/ praktisi kegiatan ekonomi.

3. Pastikan bahwa sistem kredit melayani orang miskin, orang orang tertindas, dan mereka yang sangat membutuhkan, dan bukan sebaliknya: petugas pengelola bank komunitas mengunjungi daerah daerah komunitas, memungkinkan mereka untuk mengenal peminjam yang juga owner dari bank komunitas.

4. Menetapkan prioritas aksi vis-a-vis dengan target populasi: MELAYANI yang tertindas dan mereka yang sangat membutuhkan (miskin) kebanyakan orang memerlukan sumber daya investasi, yang tidak memiliki akses ke kredit.

5. Pada awalnya, membatasi kredit untuk menghasilkan pendapatan operasi produksi, bebas dipilih oleh peminjam. Memungkinkan peminjam untuk dapat membayar kembali pinjaman.

6. Bersandar pada kelompok-kelompok solidaritas: kelompok informal kecil yang terdiri dari dikooptasi anggota yang datang dari latar belakang yang sama dan percaya satu sama lain.

7. Asosiasi penabungan uang dengan kredit, jika tanpa diperlukan persyaratan.

8. Kombinasikan pemantauan dari dekat ke peminjam dengan prosedur yang sederhana dan standar.

9. Melakukan segala hal yang mungkin untuk memastikan keseimbangan sistem keuangan.

10. Investasi di sumber daya manusia: melatih para pemimpin akan dengan memberikan mereka etika pengembangan hal nyata berdasarkan ketelitian, pemahaman kreatif, dan penghargaan terhadap lingkungan komunitas.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...